Wajah Baru Mobil Mobil Terbaik Di Indonesia 2018

Wajah Baru Mobil Mobil Terbaik Di Indonesia 2018

Berdasarkan rentetan peluncuran mobil baru di Indonesia sepanjang tahun 2018, ada 3 model penyegaran yang tampilannya berubah total. Mereka adalah all new Toyota Rush dan Daihatsu Terios, all new Suzuki Ertiga, serta all new Honda Brio.   Karena secara visualnya berbeda dari model sebelumnya, maka pabrikan membubuhkan kata all new pada modelnya tersebut. Tapi apakah betul semua model tersebut baru? Simak ulasannya di bawah ini.

Wajah Baru Mobil Mobil Terbaik Di Indonesia 2018
Wajah Baru Mobil Mobil Terbaik Di Indonesia 2018

Wajah Baru Mobil Mobil Terbaik Di Indonesia 2018

Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Meski resmi meluncur akhir tahun lalu, all new Toyota Rush dan Daihatsu Terios dijual dan didistribusi pada tahun 2018. Baik Rush dan Terios terbaru sama-sama diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Keduanya kini jauh lebih kekinian dan lebih modern daripada model sebelumnya yang cenderung mengotak. Tampilan Rush dan Terios baru jadi lebih dinamis apalagi lewat fascia-nya yang sangar dengan penyematan lampu LED menyipit.

Kolase all new Terios dan all new Rush

Melihatnya dari samping pun demikian, Rush dan Terios teranyar serasa memiliki bodi menyerupai MPV Avanza atau Xpander. Namun yang mengejutkan adalah bagian belakangnya yang lebih waw, ban serepnya sudah tidak lagi berbentuk konde alias pindah ke bawah.

Berdasarkan data, dimensinya lebih panjang 230 mm dibanding Rush lama. (tidak dihitung dengan konde). Sementara bicara mesin, keduanya mengandalkan mesin 2NR-VE yang juga digunakan pada Toyota Veloz. Di atas kertas, mesin ini menyemburkan tenaga 102,5 dk dan torsi 136 Nm yang disalurkan pada transmisi manual 5-percepatan dan otomatis (AT) lewat sistem penggerak roda belakang (RWD).

Kolase all new Terios dan all new Rush

Nah bicara fitur keselamatan, all new Rush dan Terios ternyata ada perbedaan. Rush terbaru dibekali ABS, EBD, BA, 6 airbags (pengemudi dan penumpang depan, 2 side, dan 2 curtain), juga kontrol stabilitas dan Hill-Start Assist (HSA). Terios terbaru sebetulnya juga memiliki fitur-fitur tersebut, hanya saja minus 6 airbags (hanya 2 airbags) namun digantikan dengan kamera 360.

All new Rush dijual mulai dari Rp 242,15 juta sampai 263,55 juta, sedangkan all new Terios diniagakan mulai dari Rp 197,3 juta hingga 251,9 juta.

Suzuki Ertiga

Seperti tidak ingin ketinggalan momen dalam IIMS 2018, Suzuki meluncurkan all new Ertiga pada hajatan tahunan tersebut. Secara umum Suzuki berhasil merombak Ertiga jadi sedikit lebih mewah dan elegan.

Hal ini lewat perombakan fascia depannya ditambah lampu proyektor pada semua varian. Selanjutnya untuk bagian buritannya juga tampak lebih dinamis dengan desain lampu baru menyerupai bumerang yang lengkap dengan LED.

All New Suzuki Ertiga

Kalau tampilannya sudah lebih segar, ternyata jantung mekanisnya juga tidak kalah segar. Suzuki menanam mesin baru dengan kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya 1.400 cc menjadi 1.500 cc.

Hal ini untuk menyesuaikan dimensi all new Suzuki Ertiga yang lebih besar dari Ertiga sebelumnya. Dalam artian ada penambahan panjang 130 mm, lebar 40 mm dan tinggi 5 mm, sehingga diharapkan mesinnya ini mampu menjanjikan performa yang pas untuk ubahan pada Ertiga terbaru.

All New Suzuki Ertiga

Di atas kertas, mesin baru K15B ini menjanjikan tenaga 103 daya kuda (dk) pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.000 rpm. Dayanya itu ditransfer pada transmisi otomatis 4 percepatan (AT) atau manual 5 percepatan lewat penggerak roda depan (FWD).  Bicara fitur keselamatan, all new Ertiga memiliki fitur Electronic Stability Program (ESP) pada tipe GX. Sayangnya belum ada Hill Start Assist (HSA) di semua tipe. Seluruh tipe all new Suzuki Ertiga mendapat ABS, EBD, dual Airbags, dan pengait ISOFIX sebagai fitur standar. All new Suzuki Ertiga dihargai mulai dari Rp 193 juta untuk tipe GA sampai Rp 238 untuk tipe GX AT yang dilengkapi fitur kontrol stabilitas.

Honda Brio

All new Honda Brio yang melakoni debutnya pada awal Agustus lalu dalam GIIAS 2018, menjanjikan ubahan yang lebih positif ketimbang Brio sebelumnya.

Sejauh mata memandang sudah tidak lagi tampak wujud Brio yang mungil ditambah bagian buritannya yang rata. Kini Brio agak sedikit gemuk, lebih sporty dan mengusung wajah khas Happybet188, sementara sisi belakangnya jauh lebih sedap dipandang karena tidak lagi mengandalkan pintu bagasi model panel kaca.

Desain all new Honda Brio

Hanya saja gelar all new tidak membuat Brio ini sepenuhnya baru, di balik kap mesinnya masih tertanam mesin 1.200 cc i-Vtec DOHC yang mampu menyemburkan tenaga 88 dk pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm.

Dayanya tersebut dikawinkan pada transmisi otomatis CVT atau manual 5 percepatan yang disalurkan pada penggerak roda depan (FWD).

Tapi Honda mengklaim mesinnya ini tidak boyo alias mampu mempertahankan performa tenaga dan konsumsi bahan bakarnya meski dimensinya bertambah. Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy pernah mengatakan bahwa efisiensi BBM-nya 20,3 km per liter untuk Brio baru bertransmisi CVT.

All new Honda Brio

Dari data spesifikasi, all new Honda Brio kini lebih panjang 175 mm dan lebih berat 20 kg akibat perpanjangan sasisnya untuk memaksimalkan ruang duduk pada baris belakang serta kelegaan bagasinya.

Menyoal fitur keselamatan, semua varian sudah dilengkapi dengan ABS, EBD, dan airbags pada sisi depan.

Dari pengembangan Brio ini harga jualnya ternyata ikutan naik, masing-masing varian tercatat ada kenaikan Rp 6,5 hingga 10 juta dibanding Brio lawas. All new Brio mendapat label harga mulai dari Rp 139 sampai Rp 162,5 juta untuk tipe Satya (LCGC) dan Rp 175 dan 190 juta untuk tipe RS (city car).

Itulah beberapa wajah baru kendaraan mobil roda empat yang baru. Semoga artikel ini bermanfaat ya guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *